Tips Merawat Sepatu Gunung Agar Awet

gambar tersebut menyebutkan Tips Merawat Sepatu Gunung Agar Awet gambar tersebut menyebutkan Tips Merawat Sepatu Gunung Agar Awet

Tips Merawat Sepatu Gunung Agar Awet

Banyak dari kalangan pendaki yang tidak telaten dalam merawat sepatu gunung. Bahkan banyak juga dari mereka yang malas untuk sekedar mengecek dan membersihkan kotoran yang ada di sepatu gunung secara rutin. Padahal itu juga termasuk salah satu tips merawat gunung agar tetap awet dan tidak akan cepat rusak.

Agar sepatu gunungmu tetap awet kamu hanya perlu paham tentang 2 hal, yaitu yang pertama keterampilan kamu dalam menggunakan sepatu gunung saat melintasi pengunungan. Jadi, selain sepatu gunungmu kuat, kamu tidak bisa asal tabrak medan pendakian seperti sebuah tank. Kamu perlu berhati-hati dalam memilih jalur pendakian. Yang kedua kamu perlu merawat sepatu gunungmu setelah selesai pemakaian.

Nah pada artikel kali ini akan membahas bagaimana tips untuk merawat sepatu gunung agar lebih awet. Sehingga kamu dapat mempunyai banyak kenangan bersama sepatu gunung kecintaanmu.

  1. Pelajari bahan sepatu gunung dan cairan pembersih yang tepat

Cairan pembersih yang tepat tergantung dengan bahan sepatu yang digunakan pada sepatu guungmu. Pada intinya jika bahan yang digunakan berbeda, maka berbeda juga perlakuannya. Ada beberapa bahan yang umumnya dipakai pada sepatu gunung yaitu

  • Full-grain leather yaitu diambil dari bagian teratas sehingga masih memiliki serat alami dan sedikit kaku
  • Split-grain leather yaitu kulit dari sisa potongan atas (top cut)
  • Nubuck leather yaitu diambil dari bagian yang penting pada lapisan kulit terbawah
  • Synthetics leather yaitu bahan sintetis yang dilapisi dengan polyurethane untuk menciptakan tekstur dan warna kulit
  • Wateproof membrane yaitu bahan yang dibuat dari membrane kedap air
  • Vegan yaitu bahan yang diproses tanpa menggunakan produk sampingan dari hewan
  1. Pilih metode pencucian sepatu gunung yang sesuai dengan kondisi sepatu

Terdapat dua metode untuk mencuci gunung yaitu metode cuci kering dan metode cuci basah. Metode cuci kering ini lebih cocok digunakan untuk membesihkan sepatu gunung yang tidak terlalu kotor. Sedangkan cuci basah digunakan untuk sepatu dengan kondisi yang sangat kotor.

Cuci kering bukan berarti proses pencucian tidak menggunakan air, tetapi air tersebut diaplikasikan pada bagian yang kotor dengan menggunakan sikat agar hasilnya lebih maksimal. Tidak hanya itu saja, dengan cairan pembersih khusus juga dapat membantu membersihkan sepatu gunung.

Jika menggunakan metode cuci basah yakni dengan membasahi seluruh permukaan sepatu dengan menggunakan sabun dan sikat. Lalu bilaslah dengan menggunakan air bersih dan keringkan sepatumu di bawah paparan sinar matahari.

  1. Bersihkan setiap sudut sepatu dengan sikat sepatu yang tepat

Sepatu gunung mempunyai bagian atau sudut khusus yang didesain. Supaya awet kamu dapat membersihkan bagian outsole dan midsole. Pada bagian outsole dan midsole sering kali ada kotoran seperti tanah kering yang mengeras. Jadi pada bagian tersebut kamu perlu sikat yang berbulu agak besar dan kasar biasanya sikat ini berbahan nilon.

Pada bagian upper dan insole yang lunak dan sensitif kamu dapat menggunakan sikat kecil dengan bulu yang lembut dan rapat biasanya terbuat dari bahan bulu kuda dengan tujuan untuk menjaga permukaan pada baguan dalam sepatu supaya tidak cepat rusak dan juga tergores.

  1. Keringkan sepatu gunung jika terasa lembab atau basah

Sepatu gunung yang dibiarkan lembab dan basah akan menimbulkan bau yang tidak enak bahkan akan cepat rusak. Mulai dari lem mengelupas, jamur, warna memudar, hingga kulit yang rusak. Cara untuk mengeringkan sepatu yaitu cukup dengan melakukan pengeringan menggunakan tisu atau kain lap yang lembut, tekan bagian yang basah agar airnya meresap. Kemudian lakukan sampai tidak ada lagi yang meresap pada tisu atau kain lap tersebut. Setelah itu diamkan ditempat yang terbuka dengan sirkulasi udara yang bagus. Perlu kamu perhatikan, jangan di jemur pada sinar matahari langsung. Hal itu dikarenakan membuat warna sepatumu cepat memudar dan lem sol pada sepatumu cepat mengelupas.

Nah itu dia beberapa tips untuk merawat sepatu gunung kamu agar lebih awet. Perawatan sepatu gunung itu mudah namun kamu juga perlu terus merawatnya.